Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan dalam hal ini adalah SMP Negeri 1 Sutojayan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah Blitar.

Pengembangan Kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar ini mengacu pada
standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan,
tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian
pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi
(SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi
SMP Negeri 1 Sutojayan dalam mengembangkan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem
Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
(PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada tingkat
Satuan Pendidikan dalam hal ini adalah SMP Negeri 1 Sutojayan sebagai salah satu satuan
pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh SMP Negeri 1
Sutojayan sendiri dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan
yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu,
penyusunan Kurikulum ini juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum
dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

Tujuan pendidikan dasar sebagaimana tercantum di dalam UU Nomor 20 tahun 2003 adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Selain itu s ecara umum
Penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan ini dimaksudkan agar dapat memberi
kesempatan peserta didik untuk :

1.  Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2.  Belajar untuk memahami dan menghayati,
3.  Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
4.  Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
5.  Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kurikuklum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar disusun dan dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.  Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
dan lingkungannya.
2.  Beragam dan terpadu .
3.  Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4.  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.  Menyeluruh dan berkesinambungan
6.  Belajar sepanjang hayat
7.  Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Selain itu Kurikuklum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar disusun dan dikembangkan juga
dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.   Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
2.   Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengantingkat perkembangan
dan kemampuan peserta didik

3.   Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
4.   Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
5.   Tuntutan dunia kerja
6.   Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
7.   Agama
8.   Dinamika perkembangan global
9.   Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
11. Kesetaraan Jender
12. Karakteristik satuan pendidikan

Susunan dan Komponen Kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar ini meliputi :

1.  Landasan / Dasar Hukum
2.  Visi. Misi, dan Tujuan Pendidikan Sekolah
3.  Struktur dan Muatan Kurikulum
4.  Kalender Pendidikan
5.  Silabus
6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Struktur Kurikulum

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan
umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri
atas 5 (lima) kelompok mata pelajaran.  Oleh karena itu SMP Negeri 1 Sutojayan
sebagai suatu satuan pendidikan dasar, maka struktur kurikulum juga harus sesuai
dengan ketentuan tersebut diatas. Kelima kelompok mata pelajaran
tersebut adalah sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok mata pelajaran estetika.
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Adapun cakupan materi setiap kelompok mata pelajaran tersebut disajikan pada Tabel 1 berikut ini :

Tabel 1. Cakupan Materi Kelompok Mata Pelajaran

No Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.

 

 

Kewarganega-raan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

 

4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar
kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut. :
1.  Kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan
pengembangan diri  seperti tertera pada Tabel 2.
2.  Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan  ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang
materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi
muatan lokal untuk SMP Negeri 1 Sutojayan adalah meliputi :
a). Bahasa Daerah (Jawa),
b). Keterampilan Tata Boga,
c). Keterampilan Elektronika,
d). Robotika
e). Keterampilan Pembukuan.
3.  Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru
.
Pengembangan diri  bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengembangkan dan mengekspresikan  diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan
minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.  Kegiatan pengembangan
diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga  kependidikan yang
dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri
dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah
diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
4.  Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP/MTs merupakan “IPA Terpadu”
dan “IPS Terpadu”
, yang dilaksanakan oleh guru-guru yang memiliki latar belakang
keilmuan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.
5.  Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera
dalam  struktur  program kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah
maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
6.  Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
7.  Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.

Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar disajikan pada Tabel berikut ini :

STRUKTUR KURIKULUM

Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran :      
1.   Pendidikan Agama 2 2 2
2.   Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3.   Bahasa Indonesia 4 4 4
4.   Bahasa Inggris 4 4 4
5.   Matematika 5 5 5
6.   Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
7.   Ilmu Pengetahuan Sosial 5 5 5
8.   Seni Budaya 2 2 2
9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan 2 2 2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
B. Muatan Lokal :      
1. Bahasa Daerah/Jawa 2 2 2
2. Keterampilan :      
a. Tata Boga 3 - -
b. Elektronika - 3 -
c. Pembukuan - - 3
C. Pengembangan Diri :      
1. Bimbingan dan Konseling 2 2 2
2. Kegiatan Ekstrakurikuler 2 * 2* 2*
Jumlah 39 39 39

Ket : – 2*) dilaksanakan secara terjadwal diluar jam pelajhran dihargai Ekuivalen 2
jam pembelajaran

Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar meliputi sejumlah mata
pelajaranyang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII
sampai  dengan Kelas IX. Materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan
bagian dari muatan kurikulum.

Kedalaman muatan kurikulum pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi
yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau
semester. Standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran pada
setiap tingkat dan semester disajikan pada lampiran-lampiran Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Standar Isi tersebut disusun untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan minimal pada
jenjuang pendidikan dasar sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Mata Pelajaran

Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan
dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.

Mata Pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Sutojayan adalah terdiri
5 kelompok mata pelajaran, yaitu :

1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok mata pelajaran estetika.
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Kelima kelompok mata pelajaran tersebut terdiri dari 10 mata pelajaran yang meliputi :

1.  Pendidikan Agama
2.  Pendidikan Kewarganegaraan
3.  Bahasa Indonesia
4.  Bahasa Inggris
5.  Matematika
6.   Ilmu Pengetahuan Alam
7.   Ilmu Pengetahuan Sosial
8.   Seni Budaya
9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Muatan Lokal

Muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah yaitu Provinsi Jawa Timur, khususnya di
Kabupaten Blitar dan diterapkan di SMP Negeri 1 Sutojayan adalah :
1.  Bahasa Daerah (Jawa), yang diajarkan pada seluruh siswa yaitu kelas VII, VIII
dan IX, dengan alokasi waktu 2 jam per minggu
2.  Keterampilan Tata Boga, di ajarkan pada siswa kelas VII, dengan alokasi waktu
3 jam per minggu
3.  Keterampilan Elektronika, diajarkan pada siswa kelas VIII, dengan alokasi waktu
3 jam per minggu
4.  Keterampilan Pembukuan, diajarkan pada siswa kelas IX, dengan alokasi waktu
3 jam per minggu

Berikut ini tabel mata pelajaran Muatan Lokal beserta alokasi waktu yang diselenggarakan di
SMP Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar.

No. Mata Pelajaran Muatan Lokal Alokasi Waktu (JP)
VII VIII IX
1 Bahasa Daerah (Jawa) 2 2 2
2 Keterampilan Tata Boga 3 - -
3 Teknik Elektronika Dasar - 3 -
4 Teknik Dasar Robotika - - 3
5 Keterampilan Pembukuan - - 3
  Jumlah 5 5 8

Ekstrakurikuler Wajib Bagi kelas VII
Kepramukaan

Ekstrakurikuler Pilihan bagi kelas VII dan VIII
1.  Palang Merah Remaja
2.  Paskibra/Korsik Upacara
3.  Karya Ilmiah Remaja (KIR)
4.  Jurnalistik/Buletin Sekolah
5.  Sepak Bola
6.  Bola Volly
7.  Bola Basket
8.  Bulu Tangkis
9.  Seni Musik
10.Seni Teather
11.Seni Tari
12.Seni Lukis
13.Seni Karawitan
14.Seni Baca Qur’an
15.Tartil Qur’an
16.Conversation Bahasa Inggris

Kegiatan pembiasaan terdiri atas Kegiatan Rutin, Spontan, Terprogram dan Keteladanan.

1). Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus
di sekolah. Tujuannya untuk membiasakan siswa melakukan sesuatu dengan baik.
2). Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu,
tempat dan ruang. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan secara spontan, terutama
dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji lainnya.
3). Kegiatan Terprogram ialah kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap disesuaikan
dengan kalender pendidikan/jadwal yang telah ditetapkan. Membiasakan kegiatan ini
artinya membiasakan siswa dan personil sekolah aktif dalam melaksanakan kegiatan
sekolah sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing.
4). Kegiatan Keteladanan, yaitu kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dapat
dijadikan contoh (idola)

 

Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan
yang berlaku di sekolah pada umumnya saat ini, Pengaturan beban belajar di SMP Negeri 1
Sutojayan yaitu menggunakan sistem Paket. Adapun pengaturan beban belajar pada sistem
paket  tersebut sebagai berikut.
1.  Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan
sebagaimana tertera dalam  struktur kurikulum.
2.   Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
dalam sistem paket untuk SMP Negeri 1 Sutojayan adalah antara 0% – 50%
dari waktu kegiatan tatap muka  mata pelajaran yang bersangkutan.
3.  Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu
jam tatap muka.
4.  Ketuntasan Belajar
Berikut ini tabel rata-rata Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang menjadi
target  pencapaian kompetensi (TPK) di SMP Negeri 1 Sutojayan
yang berlaku saat ini.

No. Mata Pelajaran SKBM (%)
1 Pendidikan Agama 75
2 Pendidikan Kewarganegaraan 75
3 Bahasa Indonesia 75
4 Bahasa Inggris 75
5 Matematika 75
6 IPA 75
7 IPS 75
8 Seni Budaya 75
9 Pendididkan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 75
10 Teknologi Informasi dan Komunikasi 75
11 Bahasa Daerah (Jawa) 75
12 Keterampilan Tata Boga 75
13 Keterampilan Elektronika 75
14 Keterampilan Pembukuan 75

 

Kenaikan Kelas dan Kelulusan

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas di SMP
Negeri 1 Sutojayan berlaku setelah siswa memenuhi persyaratan sebagai berikut, yaitu:
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2. Memperoleh nilai minimal sesuai dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) pada
penilaian akhir  untuk seluruh mata pelajaran, yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia, kelompok  kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika,
dan kelompok mata pelajaran jasmani,  olahraga, dan kesehatan.
3.  Memiliki rata-rata nilai Kepribadian minimal Baik
4.  Kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran minimal 90 %.

Kelulusan siswa mengacu kepada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1),
peserta didik dinyatakan lulus dari SMP Negeri 1 Sutojayan setelah
memenuhi persyaratan berikut, yaitu:

1.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2.  Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
kelompok mata pelajaran  agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan
kepribadian, kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi, kelompok
mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani,
olahraga, dan kesehatan.
3.  Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.  Lulus Ujian Nasional.
5.  K ehadiran siswa di kelas mencapai minimal 90%.

 

Categories

Tags

Random Testimonial

  • ~ Hanif Wakil Siswa – Bulan Fitri adalah bulan yang suci

    Hanif Irfansyah 9F SMP N 1 Sutojayan"Bulan Fitri adalah bulan yang suci dimana sebelum hari raya idul fitri tiba seluruh umat islam melaksanakan puasa wajib selama kurang lebih 30 hari. Selain kita menawan lapar dan dahaga kita juga di perintah untuk menahan hawa nafsu. banyak kegiatan agama yang hadir pada bulan suci ramadhan tersebut seperti halnya pondok romadlon yang dilakukan oleh seluruh siswa-siswi SMP Negri 1 Sutojayan dan seluruh Guru serta karyawan staff SMP Negri 1 Sutojayan. di dalam kegiatan tersebut banyak kegitan keislamian yang dilakukan di antaranya Baca Al-Quran,Aklaq,Fiqih,dan Kultum hal ini dilakukan untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT serta menciptakan keluarga besar SMP N 1 sutojayan unggul dalam prestasi"

  • Read more testimonials »

Posting tweet...

Powered by Twitter Tools